Amankah Pakai Burnazin Krim untuk Luka Terbuka?

Luka bakar diklasifikasikan dalam tiga kategori, yakni luka bakar derajat satu, dua, dan tiga. Burnazin krim adalah salah satu obat topikal yang digunakan untuk mengatasi luka bakar pada derajat dua dan tiga.

Burnazin cukup efektif dalam mencegah infeksi sekaligus menyembuhkan luka bakar. Tapi amankah menggunakannya pada luka terbuka?

Amankah memakai Burnazin krim untuk luka terbuka?

Burnazin krim mengandung bahan aktif antibiotik bernama silver sulfadiazine yang bekerja dengan menghambat pertumbuhan bakteri yang bisa menginfeksi luka terbuka. Sehingga, cukup aman menggunakannya pada luka terbuka atau sesuai dengan anjuran dokter.

Dengan begitu, obat ini mampu mengurangi risiko penyebaran bakteri ke kulit sekitarnya atau ke dalam aliran darah yang menyebabkan infeksi darah serius bernama sepsis. Biasanya obat ini digunakan dengan obat lainnya untuk mencegah dan merawat infeksi yang terjadi pada luka bakar derajat dua dan tiga. 

Pada luka yang terinfeksi, silver sulfadiazine sangat efektif pada beberapa hari atau minggu awal, setelah itu Anda akan diresepkan penggunaan obat lainnya. 

Penggunaan obat salep yang mengandung silver sulfadiazine dengan tepat akan menyembuhkan luka secara optimal. Pada luka yang bersih atau luka pasca operasi yang tertutup, bahan aktif ini terbukti tidak memberikan manfaat apapun. 

Cara pakai Burnazin krim

Burnazin krim harus digunakan secara tepat dan sesuai dengan anjuran dokter. Krim antibakteri ini diaplikasikan langsung pada kulit di atas luka, umumnya akibat luka bakar derajat dua dan tiga.

Begini cara pakai Burnazin yang tepat:

1. Cuci tangan terlebih dahulu sebelum dan setelah mengaplikasikan Burnazin krim

2. Krim ini harus diaplikasikan dalam keadaan steril, sehingga dianjurkan menggunakan sarung tangan sekali pakai, dan juga jaga luka tetap bersih untuk mencegah infeksi baru

3. Aplikasikan krim hingga menutupi area luka dengan merata, sebaiknya tidak terlalu tebal

4. Namun jika dibutuhkan, Anda bisa mengaplikasikan krim lebih banyak untuk menggantikan obat yang telah hilang karena perban ataupun penutup luka lainnya, aplikasikan ulang setelah mandi atau terapi air

5. Biasanya krim ini digunakan 1 atau 2 kali sehari dan harus selalu tertutupi dengan krim ini. Anda bisa menutup luka atau menggunakan perban kasa sesuai anjuran dokter

Gunakan krim ini selama yang dianjurkan oleh dokter dan luka Anda akan segera membaik setelah infeksinya menghilang. Oleh karena itu penting untuk tidak melewatkan mengaplikasikannya karena bisa meningkatkan risiko infeksi baru yang kebal antibiotik.

Jangan gunakan di area mata, hidung, dan mulut kecuali diresepkan oleh dokter. Gunakan hanya di kulit dan usahakan pada waktu yang sama.

Tips merawat luka bakar derajat dua dan tiga

Burnazin krim dapat digunakan untuk mengobati luka serius dan juga luka bakar derajat dua atau tiga. Namun sebelum Anda menggunakannya, lakukan tips merawat luka bakar tersebut seperti berikut ini:

1. Luka bakar derajat 2

Luka bakar derajata dua merupakan luka bakar yang mengenai dua lapisan kulit teratas. Bila Anda mengalaminya, atasi dengan tips berikut ini:

  • Rendam di dalam air dingin selama 10-15 menit, jika tidak ada air tersedia Anda bisa menggunakan kompres dingin
  • Hindari penggunaan es karena bisa menurunkan suhu tubuh dan menyebabkan kerusakan lebih jauh
  • Jangan pecahkan bintil atau aplikasikan mentega maupun salep yang berisiko menyebabkan infeksi
  • Tutup luka dengan perban yang steril dan tidak menempel, jangan terlalu ketat
  • Jika Anda tidak mengalami cedera pada kepala, leher, atau kaki, sebaiknya berbaring, naikkan kaki sekitar 7 cm, naikkan area yang terbakar sejajar dengan jantung, gunakan selimut
  • Kemudian Anda bisa memeriksakan ke dokter untuk mengetes keparahan luka bakar dan meresepkan obat-obatan untuk membantu menyembuhkan

2. Luka bakar derajat tiga

Luka bakar derajat tiga merupakan luka bakar yang cukup parah dan hampir terdapat di seluruh bagian tubuh. Jika Anda atau seseorang mengalami luka bakar ini, segera hubungi bagian gawat darurat, lalu lakukan tips berikut:

  • Tutup luka bakar dengan perban yang tidak menempel dan jangan terlalu ketat
  • Jika area terlalu luas, gunakan kain atau material yang tidak akan meninggalkan sisa benang di dalam luka
  • Pisahkan jemari kaki dan tangan dengan kasa bersih, kering, dan steril
  • Jangan rendam di dalam air atau mengaplikasikan salep karena bisa menyebabkan infeksi
  • Jika Anda tidak mengalami cedera pada kepala, leher, atau kaki, sebaiknya berbaring, naikkan kaki sekitar 7 cm, naikkan area yang terbakar sejajar dengan jantung, gunakan selimut
  • Jika luka bakar terjadi di sekitar saluran pernapasan, jangan taruh bantal di bawah kepala saat berbaring karena bisa menutup saluran pernapasan.
  • Jika luka bakar terjadi di wajah, sebaiknya duduk
  • Cek detak jantung dan pernapasan untuk memonitor kemungkinan terjadinya syok hingga bantuan datang
  • Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan pada luka bakar dan juga oksigen serta tambahan cairan bila dibutuhkan.

Penggunaan Burnazin krim umumnya setelah pemeriksaan dokter dan jika diresepkan. Penting bagi Anda untuk mengikuti anjuran dokter dalam penggunaannya agar membantu penyembuhan dan pencegah infeksi pada luka bakar dengan optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *