Belum Sepenuhnya Belajar, Ini Pelajaran Anak TK yang Tepat

Usia anak TK sebenarnya masih berada di kisaran usia bermain. Hal inilah yang membuat kebanyakan anak TK tidak terlalu berminat dengan pelajaran yang disampaikan guru. Sejumlah cara kreatif pun mesti dikerahkan untuk membuat anak lebih merasa nyaman dan senang dalam menerima pelajaran anak TK yang disampaikan. 

Jangan samakan pelajaran anak TK seperti anak-anak tingkat SD ataupun di atasnya yang lebih mengutamakan penyampaian ilmu. Pelajaran anak TK yang tepat justru lebih menyangkut soal pemahaman anak akan diri sendiri dan lingkungannya. Pelajaran baca, tulis, maupun berhitung pun dinilai tidak harus ada di tingkat TK, walaupun beberapa lembaga pendidikan TK masih menyediakan pilihan pelajaran tersebut. 

Jadi, pelajaran anak TK apa saja yang tepat diberikan untuk kelompok anak-anak yang masih lebih senang bermain dengan daya konsentrasi yang belum terlalu kuat ini? Berikut ini adalah jenis-jenis pelajaran anak TK yang baik untuk perkembangan anak sebelum nantinya mengenyam materi-materi pelajaran yang sebenarnya di tingkatan pendidikan yang lebih tinggi. 

Mengenal Diri dan Teman 

Pelajaran anak TK yang paling dasar adalah belajar mengenal diri dan temannya. Ini merupakan bagian dari pemahaman akan diri sendiri maupun kondisi sosial di sekitarnya. Penyampaian materi terkait jenis pelajaran ini bisa dalam banyak bentuk, mulai dari mengenalkan diri di depan kelas, berbagai cerita diri dengan teman, sampai pengenalan berbagai bagian tubuh, mulai dari kaki sampai kepala. 

Aktivitas Mengasah Kemampuan Motorik 

Mengasah kemampuan motorik kasar dan halus sangat penting agar si kecil tidak kaget ketika harus lebih banyak menulis maupun berkegiatan fisik lainnya saat sudah masuk SD. Cara mengasah kemampuan motorik yang dilakukan di TK umumnya disampaikan dengan cara-cara menyenangkan lewat permainan ataupun membuat prakarya. Contohnya dengan membuat prakarya, banyak ransangan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus, seperti menggunting dan menempel. 

Belajar Memahami Emosi 

Emosi diri sendiri dan orang lain sangat penting dipahami anak sedari ia masih kecil. Karena hal tersebutlah, pemahaman mrengenai pengenalan emosi hampir tidak dilewatkan oleh tiap lembaga sebagai pelajaran anak TK yang tepat. Di mana pengajar umumnya akan menyampaikan berbagai ekspresi emosi dan meminta anak mengenalinya. Akan dijelaskan pula di situasi apa ekspresi-ekspresi terkait emosi tersebut dan bagaimana cara mengelolanya. Dengan demikian, anak TK diharapkan sudah mulai mampu mengontrol emosinya sekaligus memahami emosi yang dikeluarkan oleh orang lain. 

Belajar Berbagi

Jiwa individual anak memang cenderung masih tinggi. Lewat pelajaran anak TK yang tepat, diharapkan mereka dapat lebih mengenal konsep pribadi yang sangat penting bagi hidup. Cara penyampaian materi pelajaran yang satu ini sebaiknya dibuat sesimpel mungkin. Contohnya, pelajaran berbagai bisa dilakukan dengan membentuk anak di kelas dalam beberapa kelompok untuk mengerjakan prakarya bersama. Dari situ secara tidak langsung mereka akan belajar untuk saling berbagi ide maupun peralatan yang dipunya untuk menyelesaikan tugas prakarya yang disuruh. 

Meningkatkan Kemampuan Berbahasa 

Jangan salah kaprah bahwa untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak harus disertai dengan kemampuan membaca ataupun menulis. Walaupun berpengaruh, namun ada hal signifikan lainnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa si kecil. Biasakan mengadakan kegiatan di mana anak di kelas anak mesti bercerita soal dirinya, pengalamannya, ataupun teman-teman. Lewat cerita tersebut, otak anak akan terangsang untuk mencari kata-kata dan menyusunnya secara lebih mengalir. Mendengar teman bercerita pun bisa membuat siswa lain di kelas dapat lebih banyak mengenal kosakata, yang bisa jadi jarang mereka gunakan selama ini. 

Tidak perlu takut apabila di TK tempat anak Anda belajar tidak ada pelajaran anak TK seperti baca, tulis, maupun berhitung. Lagipula, saat ini kemampuan baca, tulis, dan hitung bukan lagi syarat untuk bisa diterima masuk sebagai siswa SD. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *