Cara Beli Oseltamivir di Apotek Kimia Farma Serang

Akhir-akhir ini, banyak orang yang berlomba-lomba membeli oseltamivir untuk dijadikan stok di rumahnya. Oseltamivir merupakan obat antivirus yang bekerja menghalangi aktivitas virus influenza yang masuk dalam tubuh dan menghentikan penyebarannya. Oseltamivir mendadak populer karena dikaitkan dengan terapi pengobatan Covid-19. 

Oseltamivir sebenarnya bisa dengan mudah ditemukan di apotek-apotek terdekat. Namun karena tingginya permintaan, obat tersebut menjadi langka. Salah satu apotek yang menyediakan oseltamivir adalah apotek Kimia Farma Serang

Khasiat dan kegunaan oseltamivir

Oseltamivir atau tamiflu merupakan obat yang diresepkan pada orang dewasa, anak, atau bayi di atas 2 minggu yang mengalami gejala flu lebih dari dua hari. Obat ini juga diberikan kepada individu yang kemungkinan terpapar influenza tapi belum menampakkan gejala. 

Cara kerja oseltamivir adalah dengan menghentikan penyebaran virus flu dalam tubuh. Selain untuk mempersingkat waktu gejala flu, obat ini juga berguna untuk meredakan gejala flu antara lain:

  • Hidung tersumbat atau berair
  • Sakit tenggorokan
  • Batuk
  • Nyeri otot atau sendi
  • Kelelahan
  • Sakit kepala
  • Demam
  • Tubuh meriang atau panas dingin

Selain untuk flu (common flu), oseltamivir juga diresepkan untuk mengobati dan mencegah infeksi virus flu burung dan flu bab (H1N1). Osetalmivir tersedia dalam bentuk cair maupun tablet, namun di Indonesia obat ini tersedia dalam bentuk tablet dan harus digunakan sesuai dengan anjuran dokter.

Bisakah oseltamivir digunakan untuk mengobati Covid-19?

Hingga kini belum ada obat yang terbukti dapat menyembuhkan Covid-19. Saat ini, pengobatan pasien Covid-19 hanya berupa terapi atau suportif dari obat-obatan lain, salah satunya oseltamivir. 

Oseltamivir digunakan untuk pasien Covid-19 gejala ringan. Namun, baru-baru ini dikabarkan bahwa oseltamivir tidak lagi menjadi obat perawatan pasien Covid-19. Hal ini dikarenakan penggunaan obat antivirus tersebut dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan resistensi terhadap obat tersebut. 

Selain karena efek sampingnya, oseltamivir juga mungkin tidak efektif pada beberapa pasien, khususnya pasie berisiko tinggi dan pasien yang terinfeksi virus Covid-19 varian Delta. Nantinya oseltamivir akan digantikan dengan obat antivirus Fapivirafir. 

Cara membeli oseltamivir di apotek Kimia Farma Serang

Karena oseltamivir dipercaya dapat meredakan gejala Covid-19, stok persediaan obat tersebut semakin susah ditemukan di apotek. Hal ini membuat pasien yang terinfeksi virus influenza mengalami kesulitan untuk membelinya. 

Misalnya saja di Kimia Farma Serang stok oseltamivir dibatasi peredarannya dan tidak terlalu banyak dijual yaitu hanya 2 box untuk 2 bulan. 1 box terdiri dari beberapa tablet dan setiap satu tabletnya dijual dengan harga kurang lebih Rp 21.000. 

Untuk membeli oseltamivir di apotek Kimia Farma Serang maupun toko obat lainnya harus menyertakan resep dokter. Setelah apoteker atau petugas menerima resep dokter, barulah obat boleh ditebus sesuai dengan jumlah yang dianjurkan. 

Catatan

Selain oseltamivir, apotek Kimia Farma Serang juga menjual obat-obatan resep dan non-resep lainnya. 

Demi membantu masyarakat yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah karena terinfeksi Covid-19, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan, TNI, dan dibantu dengan apotek Kimia Farma menyediakan layanan dan obat-obatan gratis. 

Layanan tersebut diperuntukkan bagi masyarakat Indonesia yang terinfeksi Covid-19 dengan tingkat keparahan ringan dan tanpa gejala, kondisi saturasi oksigen 95 persen ke atas, tidak sesak dan tidak komorbid, serta dapat melakukan isoman. Informasi ini bisa diakses di aplikasi Kimia Farma yang bisa didownload di App Store atau Google Play Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *