Cara Mengatasi Begah dan Kembung dengan Magalat

Magalat suspensi digunakan untuk mengatasi gangguan lambung karena naiknya asam lambung

Begah dan kembung adalah dua dari gejala kelebihan gas di sistem pencernaan atau usus. Jika mengalami gejala ini, kamu bisa mengatasinya dengan obat Magalat.

Obat ini memiliki kandungan aktif yang efektif mengatasi berbagai gejala gangguan pencernaan dan ketidaknyamanan perut. Termasuk kembung dan begah.

Memangnya apa sih kandungan di dalam obat ini? Dan bagaimana aturan pakainya? Mari simak rangkuman terkait begah dan kembung serta cara mengatasinya berikut ini!

Apa itu begah dan kembung?

Begah dan kembung adalah kondisi di mana kamu merasa perut sangat penuh. Ini biasanya terjadi karena ada terlalu banyak gas di dalam usus dan saluran pencernaan.

Sebenarnya, adanya gas di dalam sistem pencernaan adalah hal yang normal. Gas biasanya dikeluarkan dari tubuh melalui sendawa atau kentut.

Saat gas terperangkap dan tidak bisa keluar, maka bisa terjadi begah, kembung, dan rasa penuh di perut. 

Gejala

Saat ada gas berlebih di pencernaan dan begah atau kembung terjadi, beberapa gejala yang mungkin kamu akan rasakan adalah:

  • Sakit atau ketidaknyamanan perut
  • Frekuensi bersendawa yang naik
  • Perut keroncongan atau gurgles
  • Karena ada gas berlebih perut terasa kencang, penuh, dan lebih buncit

Kondisi ketidaknyamanan ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, ini bukanlah kondisi medis berbahaya dan sangat umum terjadi, maka kamu tidak perlu panik.

Penyebab kembung atau begah

Meningkatnya jumlah gas di dalam saluran cerna ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Berikut beberapa kondisi yang bisa membuat kamu mengalami kembung atau begah:

1. Pola makan

Beberapa jenis makanan bisa memproduksi gas berlebih pada saluran cerna. Biasanya adalah makanan-makanan dengan kandungan tinggi serat.

Seperti kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh. Di sisi lain makanan berserat tinggi memang bagus untuk kelancaran saluran pencernaan. Jadi pastikan kamu mengonsumsi makanan dengan porsi dan kandungan nutrisi yang seimbang ya.

Selain makanan tinggi serat, minuman berkarbonasi seperti soda dan bir juga bisa meningkatkan produksi gas di saluran cerna dan sebabkan kembung.

2. Kebiasaan makan

Kebiasaan makan yang buruk juga bisa membuat kamu menelan lebih banyak gas saat makan. Sehingga akan lebih banyak udara di dalam saluran pencernaan.

Beberapa di antara kebiasaan tersebut adalah:

  • Makan dan minum terlaluy cepat
  • Mengunyah permen karet
  • Merokok
  • Penggunaan gigi palsu yang longgar

3. Kondisi medis

Beberapa kondisi medis juga diketahui berpengaruh pada peningkatan jumlah gas di saluran pencernaan. Beberapa di antaranya adalah:

  • Penyakit usus kronis seperti divertikulitis, kolitis ulserativa atau penyakit Crohn
  • Pertumbuhan bakteri usus halus yang berlebihan
  • Intoleransi makanan atau ketidakmampuan sistem pencernaan dalam memecah dan menyerap makanan tertentu
  • Sembelit

Cara mengatasi kembung dan begah dengan Magalat

Saat ketidaknyamanan perut terjadi, kamu bisa mengonsumsi obat Magalat. Obat ini mengandung 2 kandungan utama yaitu magaldrate dan simethicone.

Magaldrate adalah golongan obat antasida yang bisa bekerja sebagai anti kembung atau antiflatulent. Sementara simethicone adalah golongan obat yang sering digunakan untuk mengatasi berbagai gejala ketidaknyamanan perut karna kelebihan gas di saluran cerna.

Nah kombinasi kedua kandungan ini akan sangat membantu mengurangi gejala ketidaknyamanan yang kamu rasakan.

Obat ini juga tergolong obat bebas jadi kamu bisa mendapatkannya tanpa resep dokter. Kamu hanya perlu mengonsumsinya sesuai dosis yang tertera pada kemasan produk Magalat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *