Daftar Obat Batuk Berdahak Alami Seperti Komix Herbal Sachet yang Dijual di Apotek

Sebenarnya, batuk adalah hal normal untuk menjaga tenggorokan bersih dari dahak dan iritasi. Namun, karena infeksi virus atau bakteri, menyebabkan produksi lendir meningkat sehingga sulit untuk dikeluarkan. Batuk berdahak bisa sangat mengganggu, sehingga bisa diobati dengan konsumsi obat seperti Komix Herbal Sachet.

Sebenarnya obat batuk berdahak ada yang alami dan ada juga obat berbahan kimia yang dijual di apotek.

Obat Batuk Berdahak Alami

Berikut beberapa obat berdahak alami yang bisa mengatasi batuk Anda, yaitu:

  • Madu

Minum madu sebelum tidur bisa mengurangi batuk berdahak. Madu bisa diminum langsung atau dicampur dengan minuman. Tambahkan 2 sendok teh madu dengan air hangat atau teh herbal. Namun, jangan berikan madu sembarangan pada anak yang berusia di bawah 12 tahun, ya.

  • Nanas

Nanas memiliki enzim bromelain yang berkhasiat mengatasi peradangan serta menghilangkan lendir dari tubuh. Bahkan ada orang yang minum jus nanas tiap hari untuk mengatasi batuk berdahak.

Bromelain ada di bagian tengah atau inti buah nanas, sehingga sertakan bagian itu saat membuat jus nanas. 

Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi jus atau buah nanas untuk mengobati batuk. Karena ada juga orang yang alergi dengan kandungan bromelain ini.

  • Jahe

Jahe juga bisa mengurangi intensitas batuk, terlebih lagi batuk kering. Dalam jahe terdapat kandungan antiperadangan yang dapat membuat saluran pernapasan jadi rileks. Seduh teh dna tambahkan 20-40 gram jahe di dalam minuman Anda. Jika suhunya sudah hangat, tambahkan madu dan perasan lemon. 

  • Thyme

Thyme ternyata juga bisa jadi obat batuk, bronkitis, sakit tenggorokan, hingga masalah pencernaan. Bahkan beberapa obat batuk alami yang berbahan dasar thyme karena kaya akan antioksidan. 

Bisa juga dengan membuat minuman teh thyme sendiri. Mudah saja, seduh 2 sendok teh thyme kering dengan air panas. Saring dan diminum.

  • Kumur dengan air garam

Jika sedang mengalami batuk berdahak dan sakit tenggorokan bisa menggunakan cara sederhana ini. Larutan air garam ini akan mengurangi dahak dan juga mengurangi produksi lendir di belakang tenggorokan. 

  • Uap

Batuk berdahak juga bisa diatasi dengan uap, seperti mandi dengan air hangat atau menghirup uap. 

Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan membuat terapi mangkuk uap, yaitu mengisi mangkuk besar dengan air panas. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti rosemary atau eucalyptus. Dekatkan kepala di atas mangkuk uap lalu tutup dengan handuk. Hirup uap dari mangkuk selama 5 menit. Namun jika terlalu panas, hentikan dan tunggu hingga terasa lebih aman.

  • Minum air yang cukup

Saat mengalami batuk atau pilek, perlu menjaga cairan dalam tubuh. Minum air yang cukup dan berada di suhu ruangan ideal akan mengatasi batuk, mencegah bersin, dan hidung gatal. Sebaiknya konsumsi air yang hangat selama batuk atau flu..

Rekomendasi Obat Batuk Berdahak yang Bisa Didapat di Apotek

  1. Komix Herbal Sachet

Obat Komix Herbal Sachet bisa mengatasi batuk berdahak karena infeksi di saluran pernapasan. Infeksi membuat meningkatnya produksi dahak sehingga akan menangkap banyak zat asing. Kondisi ini membuat dahak jadi semakin kental dan sulit untuk keluar.

Bila kondisi ini terus menerus dibiarkan, bisa menyebabkan infeksi terus berlanjut dan terasa nyeri di tenggorokan. Oleh sebab itulah, Anda bisa minum obat Komix Herbal Sachet ini. 

Obat ini juga terbuat dari bahan alami, mulai dari lagundi, jahe merah, licorice, herba thymi, minyak permen, hingga madu. Semua kandungan ini dapat mengencerkan dahak sehingga akan lebih mudah dikeluarkan dan memberikan rasa hangat di tenggorokan.

  1. Woods Expectorant

Woods expectorant adalah obat batuk berdahak dengan batuk sirup. Obat ini sebagai expectorant akan mengencerkan dahak agar mudah dikeluarkan melalui batuk.

Selain itu, dalam obat ini terkandung bromhexine hCl sebagai mukolitik yang akan memecah molekul pembuat dahak. 

  1. Actifed Plus Expectorant

Obat expectorant dari Actifed ini juga disebut ampuh mengatasi batuk berdahak. Di dalamnya terkandung triprolidine HCl, dextromethorphan Hbr, pseudoephedrine, guaifenesin, ethanol, dan sukrosa. 

Kandungan triprolidine HCl sebagai antihistamin yang dapat mengurangi reaksi alergi. Kandungan dextromethorphan Hbr akan mengurangi intensitas batuk.

Sedangkan kandungan guaifenesin di dalam Actifed ini akan mengencerkan dahak dan membuatnya tidak lengket, jadi lebih mudah dikeluarkan dari tenggorokan.

  1. Obat Batuk Cap Ibu dan Anak

Ada pula obat batuk cap ibu dan anak yang termasuk obat tradisional herbal. Obat ini cocok untuk mengatasi batuk berdahak dan juga melegakan sakit tenggorokan.

Kandungan bahan aktif seperti ekstrak kulit kayu elm di dalamnya akan efektif mengurangi batuk. Selain itu juga bekerja melapisi tenggorokan sehingga akan mengurangi rasa sakit di tenggorokan. 

Di dalam obat batuk tradisional ini juga mengandung madu, ekstrak akar manis, jahe, dna peppermint yang bertindak sebagai ekspektoran. 

Itulah beberapa rekomendasi obat batuk alami dan juga obat batuk yang dijual bebas di pasaran. Anda bisa memilih obat alami atau obat Komix Herbal Sachet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *