Memakai Betadine Vaginal Douche untuk Pembersih Vagina, Amankah?

Betadine Vaginal Douche adalah obat mengandung Povidone iodine yang digunakan sebagai pembersih organ kewanitaan, untuk mencegah dan mengatasi permasalahan organ kewanitaan, seperti gatal dan keputihan.

Produk ini merupakan cairan pembersih antiseptik khusus vagin dengan kandungan povidone iodine 10%. Povidone iodine bekerja dengan cara membunuh kuman penyebab infeksi. 

Obat ini digunakan sebagai pembersih vagina untuk mengobati peradangan vagina atau vaginitis yang ditandai keputihan dan gatal akibat jamur candida dan trichomonas, infeksi bakteri nonspesifik atau campuran.

Ada banyak fungsi Betadine Vaginal Douche, antara lain:

  • Mengobati keputihan, iritasi ringan dan gatal-gatal pada vagina.
  • Mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur pada vagina.
  • Menjaga kebersihan dan mencegah bau pada vagina. 
  • Di samping itu, povidone iodine juga berfungsi untuk disinfeksi vagina sebelum operasi.

Tetapi, sebenarnya, apakah aman memakai Betadine Vaginal Douche? 

Aman, Asalkan..

Betadine Vaginal Douche sering kali diresepkan oleh dokter untuk membersihkan jamur pada vagina. Soal keamanannya, banyak penelitian yang sudah membahas produk vaginal douche sebagai pembersih vagina. 

Sebenarnya, jika dipakai sesuai dengan anjuran, produk ini aman dan berkhasiat untuk menjaga kebersihan vagina. Pakar dari American College of Obstetricians and Gynecologysts (ACOG), Anda harus sebisa mungkin menghindari pakai vaginal douche terlalu sering.  

Untuk pemakaian produk ini sebaiknya disesuaikan dengan anjuran dari dokter yang merawat. Jika Anda disarankan untuk melakukan vaginal douche 1 kali saja, sebaiknya Anda cukup menggunakannya 1 kali. Jangan menambah jangka pemakaian karena akan berbahaya. 

Tidak Ada Bukti Ilmiah 

Untuk pemakaian dalam jangka waktu lama, sebenarnya tidak ada bukti ilmiah soal manfaat nyata douching bagi kesehatan reproduksi wanita. Douching justru bisa menimbulkan risiko dan bahaya yang tidak setimpal dengan efek rasa segarnya. 

Terlalu sering menggunakan douching justru membuat Anda lebih rentan mengalami infeksi, seperti bacterial vaginosis. Sebab, larutan vaginal douche justru bekerja membilas koloni bakteri baik yang tinggal dalam vagina.

Dirangkum dari berbagai penelitian ilmiah, sering-sering douching vagina juga dapat meningkatkan risiko anda terhadap sejumlah penyakit kronis, seperti penyakit radang panggul, HPV, kanker serviks, penyakit menular seksual, hingga masalah kesuburan seperti sulit hamil dan kehamilan ektopik.

Cara yang Benar Memakai Betadine Vaginal Douche

Pengobatan dan pembersihan vagina menggunakan Betadine Vaginal Douche diyakini dapat menjangkau seluruh bagian vagina hingga ke pelosok terdalam, hingga leher vagina. Larutan air ini kemudian kembali mengalir keluar melalui vagina Anda.

Jika ingin khasiatnya Anda rasakan, yang perlu dilakukan hanya memakainya dengan cara yang tepat. Dosis yang dianjurkan sebagai berikut:

  • Pengobatan gejala infeksi: setiap malam termasuk saat haid selama 2 minggu.
  • Desinfektan vagina: 2 kali seminggu termasuk saat haid.

Setelah memakai Vaginal Douche, pastikan Anda keringkan daerah vagina dan sekitarnya yang masih lembap. Tapi hati-hati ketika Anda mengeringkan vagina usai douching. 

Jangan mengeringkan vagina dengan menggosok handuk atau tisu dari arah belakang (bokong) ke depan (vagina). Arah yang benar yaitu sebaliknya, dari depan ke bokong. Tujuannya untuk menghindari sisa-sisa feses dan kuman yang menempel di dubur berpindah ke bukaan vagina. 

Bukannya merasa bersih kesat di bawah sana, Anda justru jadi rentan mengalami infeksi saluran kencing.

Apabila setelah memakai vaginal douche sesuai petunjuk dokter Anda masih mengalami keluhan di vagina, akan lebih baik bila Anda melakukan kontrol kembali dengan dokter yang merawat Anda supaya bisa dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk mengetahui hasil pengobatan yang sudah dilakukan. Penanganan tambahan dapat diberikan dokter apabila memang dibutuhkan.

Selain Betadine Vaginal Douche, Ini Cara Lain Menjaga Kesehatan Vagina

Tak hanya menggunakan Betadine Vaginal Douche, Anda juga tetap harus menjaga kesehatan vagina. Beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain:

  • Gunakan celana dalam yang nyaman, longgar, dan tidak ketat
  • Ganti celana dalam bila basah
  • Basuh dan keringkan vagina dari arah depan ke belakang dengan air bersih
  • Bersihkan vagina dan penis sebelum melakukan hubungan intim
  • Hindari seks bebas
  • Hindari memakai sabun untuk membersihkan vagina, untuk cairan pembersih kewanitaan sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter yang merawat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *