Penyebab dan Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil

Cara mengatasi sembelit pada ibu hamil yang alami salah satunya adalah banyak minum

Konstipasi adalah gejala yang sangat lazim dijumpai oleh banyak ibu hamil. Beberapa wanita mengalami konstipasi pada tahapan awal kehamilan. Beberapa yang lain baru akan mengalami saat usia kehamilan mencapai usia yang lebih tua. Artikel ini akan membahas apa yang menyebabkan sembelit pada masa kehamilan serta cara mengatasi sembelit pada ibu hamil.

Sebelum membahas seputar cara mengatasi sembelit pada ibu hamil, ada baiknya untuk tahu apa yang menyebabkan kondisi ini. Penyebab sembelit pada masa kehamilan akan tergantung pada tahapan di mana kondisi ini terjadi. Adapun beberapa kemungkinan penyebabnya di antaranya adalah:

  • Hormon. Perubahan level hormon pada masa awal kehamilan dapat menyebabkan usus memperlambat pergerakan feses melewati saluran pencernaan. Penundaan ini dapat meningkatkan jumlah air yang diserap oleh usus dari feses, membuatnya lebih padat dan lebih sulit untuk dikeluarkan. 
  • Vitamin prenatal. Vitamin jenis ini biasanya mengandung zat besi dalam jumlah tinggi. Zat besi adalah mineral penting yang banyak ibu hamil kekurangan atau menderita defisiensi mineral ini. Zat besi dapat menyebabkan konstipasi atau sembelit dan feses berwarna hitam dan keras. 
  • Tekanan dari rahim. Pada kehamilan usia tua, rahin yang terus tumbuh dapat memberikan tekanan pada usus, membuat usus kesulitan untuk menggerakkan feses melawati saluran pencernaan. 

Selain buang air yang tidak teratur, konstipasi juga dapat menyebabkan perut kembung, rasa tidak nyaman di lambung, dan kotoran kering yang terasa sakit untuk dikeluarkan. Selain itu, konstipasi juga dapat membuat adanya rasa bahwa tidak semua feses berhasil dikeluarkan dari dalam tubuh. Sembelit khususnya akan terasa sangat tidak nyaman terjadi pada masa kehamilan. Beberapa cara mengatasi sembelit pada ibu hamil di antaranya adalah:

  • Serat. Mengonsumsi suplemen serat atau makan makanan yang tinggi kandungan serat, seperti buah, sayuran, dan gandum utuh, dapat meningkatkan jumlah feses dan memfasilitasi keluarnya feses dari dalam usus. Orang dewasa perlu mengonsumsi antara 28 hingga 34 gram serat setiap harinya. 
  • Cairan. Minum cukup air sangat penting untuk menjaga feses Anda tetap lunakdan mudah untuk dikeluarkan dari dalam tubuh. Jika Anda merasa air tidak membantu, Anda bisa mencoba menambahkan sup bening, teh, dan jus buah atau sayuran dengan pemanis alami ke dalam diet. 
  • Aktivitas. Membuat diri Anda tetap aktif dapat membantu feses bergerak melewati usus. Latihan dengan rutin dan teratur, dengan persetujuan dokter tentunya, dapat membantu meredakan gejala konstipasi. Jika latihan atau olahraga bukan merupakan prioritas utama dan tidak mungkin untuk dilakukan karena alasan apapun, cobalah untuk jalan-jalan ringan setiap harinya. 
  • Probiotik. Jutaan bakteri sehat hidup di usus dan dapat membantu saluran pencernaan berfungsi dengan baik. Probiotik dapat membantu menambah populasi bakteri usus dengan strain yang sehat yang dapat mendukung gerakan buang air besar normal dan teratur. Beberapa makanan yang tinggi kandungan probiotik di antaranya adalah yogurt, sauerkraut, dan juga kimchi. 

Jika cara mengatasi sembelit pada ibu hamil alami tidak efektif mengatasi konstipasi yang Anda derita, ada baiknya untuk mulai mendiskusikan masalah yang sedang Anda hadapi dengan dokter. Untuk wanita yang sedang minum vitamin prenatal yang tinggi kandungan zat besi, dokter dapat merekomendasikan vitamin yang mengandung lebih sedikit zat besi. Perawatan medis utama untuk konstipasi pada masa kehamilan adalah dengan menggunakan obat yang disebut laxative, yang mana akan membuat buang air besar lebih mudah dan nyaman untuk dilakukan. Umumnya laxative aman untuk digunakan, namun ada baiknya hindari laxative stimulant karena dapat memicu terjadinya kontraksi rahim. Selain itu, sebelum menggunakan laxative OTC, konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *