Pil KB Seperti Microgynon, Adakah Efek Sampingnya?

Penggunaan pil KB seperti Microgynon adalah sebuah metode hormonal untuk mencegah terjadinya kehamilan. Terjadinya efek samping merupakan hal yang lumrah dijumpai, dan gejala yang dirasakan bervariasi dari satu orang ke orang lainnya. Pil merupakan salah satu solusi KB, yang bekerja dengan cara mencegah tubuh dari memproduksi sel telur. Hal ini berarti sperma tidak dapat membuahi apapun, dan kehamilan tidak dapat terjadi. 

Pil KB seperti Microgynon juga dapat membantu haid yang berat, nyeri, dan tidak teratur, serta mengatasi jerawat dan PMS. Efek samping khusus bervariasi dari satu orang ke orang yang lain, dan pil yang berbeda akan menyebabkan efek samping yang berbeda pula. Beberapa efek samping yang sering dijumpai di antaranya adalah mual, payudara yang terasa lunak, dan sakit kepala. Ada dua jenis pil KB, yaitu pil kombinasi yang mengandung estrogen dan progestin, yang mana merupakan bentuk sintetis hormon alami progesterone, dan juga mini pill yang hanya mengandung progestin saja. 

Pil KB akan memengaruhi level hormon seseorang, menyebabkan berbagai macam efek samping. Efek samping tersebut biasanya akan hilang dalam waktu 2 hingga 3 bulan, namun dalam beberapa kasus tertentu, masih dapat terus terjadi. Jika efek samping pil KB terjadi dalam waktu yang lama dan sangat tidak nyaman, ada baiknya untuk berbicara dengan penyedia layanan kesehatan seputar mencoba merek yang berbeda atau mencoba metode KB yang berbeda. 

  • Spotting di antara haid. Spotting adalah pendarahan vagina yang terjadi di antara siklus menstruasi. Kondisi ini akan terlihat seperti darah atau cairan kecokelatan keluar dari vagina. Spotting adalah efek samping yang paling sering terjadi setelah penggunaan pil KB. Ini dikarenakan tubuh sedang berusaha untuk menyesuaikan diri terhadap level hormon yang terus berubah, dan rahim sedang menyesuaikan untuk memiliki lapisan yang lebih tipis. Minum pil sesuai dengan resep yang direkomendasikan, biasanya setiap hari dan pada waktu yang sama setiap harinya, dapat membantu mencegah pendarahan di antara haid. 
  • Mual. Beberapa orang akan merasakan adanya rasa mual ringan ketika pertama kali minum pil KB, namun efek samping ini biasanya akan mereda dengan cepat. Minum pil bersama dengan makanan atau sebelum waktu tidur biasanya membantu. Pil KB juga tidak boleh membuat seseorang merasa sakit. Jika mual terasa parah dan terjadi dalam waktu yang lama, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan. 
  • Payudara yang terasa lunak. Minum pil KB sering menyebabkan payudara terasa lunak, terutama setelah seseorang mulai mengonsumsinya. Memakai bra pendukung dapat membantu mengurangi payudara yang lunak. Selain dengan meningkatnya sensitivitas payudara, hormon di dalam pil dapat membantu membuat payudara untuk tumbuh lebih besar. Anda harus berkonsultasi dengan dokter apabila menderita nyeri payudara atau perubahan payudara lainnya, terutama apabila benjolan payudara baru muncul dan berubah. 
  • Sakit kepala dan migraine. Hormon dalam pil KB dapat menyebabkan peningkatan frekuensi sakit kepala dan migraine. Perubahan pada hormon seks wanita (estrogen dan progesterone) dapat memicu migraine. Gejala dapat tergantung pada dosis dan jenis pil yang diminum. Misalnya, pil dosis rendah kemungkinan besar tidak akan menyebabkan kedua gejala ini. Di sisi lain, apabila migraine berhubungan dengan PMS, konsumsi pil dapat mengurangi gejala yang dialami. 

Pil KB seperti Microgynon umumnya aman untuk dikonsumsi oleh kebanyakan wanita. Akan tetapi, penelitian telah menghubungkan penggunaannya dengan beberapa risiko tertentu. Sehingga, sebelum mengonsumsi pil KB apapun, ada baiknya Anda mendiskusikan faktor risiko terlebih dahulu dengan dokter. Menurut Kantor Kesehatan Wanita, ada bukti yang menyatakan bahwa konsumsi pil KB dapat meningkatkan risiko seseorang untuk menderita penggumpalan darah dan tekanan darah tinggi. Hal ini dapat menyebabkan serangan jantung dan juga stroke.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *