Selain Corona, Ini Dia Macam-macam Virus Berbahaya yang Perlu Diketahui

Virus corona saat ini menjadi virus yang paling ditakuti dan diwaspadai. Padahal selain corona ada macam-macam virus lainnya yang juga harus diwaspadai dan tak kalah berbahayanya.

Virus sendiri bisa diartikan sebagai sebuah makhluk hidup yang mempunyai ukuran sangat kecil. Selain itu virus juga mempunyai materi genetik yaitu RNA dan DNA yang dibungkus oleh protein, glikoprotein ataupun lipid.

Virus ini tidak bisa bertambah banyak atau menggandakan diri jika tidak ada inang yang ditempeli. Untuk itulah virus ini digolongkan sebagai parasit yang berbahaya. Jadi saat virus menginfeksi tubuh seorang manusia dia akan merusak dan menghancurkan seluruh sel yang ada dalam tubuh manusia tersebut.

Meski begitu, virus ini sendiri mempunyai sifat yang sangat kompleks dan berbeda tergantung dari penyakit dan jenis yang bisa mereka timbulkan.

Macam-Macam Virus dan Cara Menanganinya

Pada dasarnya ada banyak sekali macam-macam virus didunia ini. namun tentunya tidak semua virus tersebut dapat menyebabkan penyakit pada manusia.

Sebaliknya, virus yang bisa menempel pada manusia dapat dengan mudah menyebar dari satu orang ke orang lainnya melalui berbagai media seperti gigitan serangga dan lain sebagainya.

Dari berbagai jenis virus yang dapat menyebabkan penyakit ini ada beberapa yang memang harus diwaspadai. Adapun jenis-jenis tersebut diantaranya:

Virus Corona

Virus Corona merupakan salah satu jenis virus baru yang berbahaya dan menginfeksi manusia. Virus yang satu ini sebenarnya termasuk dalam kelompok virus yang bisa menimbulkan berbagai gejala.

Adapun gejala tersebut diantaranya ada demam, pilek sampai sakit parah seperti MERS Cov dan SARS-CoV.

Adapun gejala utama yang biasanya muncul dari virus ini adalah batuk, demam sangat tinggi dan sesak napas. Sayangnya sampai akhir februari tahun kemarin obat dari virus ini belum ditemukan. Meski begitu Anda bisa melakukan pencegahan supaya tidak terinfeksi virus ini. 

Salah satu pencegahan yang cukup mudah dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan diri dan menjaga jarak dari orang yang sedang batuk atau bersin.

Selain itu Anda juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dnegan cara menjaga pola hidup sehat. Selain itu jangan lupa untuk selalu menggunakan masker saat beraktivitas diluar rumah.

RSV

RSV adalah kepanjangan dari respiratory Syncytial Virus yang mempunyai gejala yang hampir sama dengan virus corona. Meski begitu kedua jenis virus ini sangat berbeda satu sama lain. Adapun gejala yang akan timbul dari virus ini diantaranya ada batuk, demam, bersin, hidung berair hingga mengalami sakit tenggorokan. 

Virus ini sendiri tak hanya bisa menyerang anak-anak atau balita, namun oang dewasapun juga bisa terinfeksi virus ini. umumnya gejala dari virus ini bisa sembuh dalam waktu sekitar 2 mingguan.

HIV

Di antara macam-macam virus yang ada, Virus HIV ini termasuk yang paling berbahaya. Virus ini bisa merusak sel yang ada pada sistem imun manusia.

Akibatnya si penderita akan sangat rentang dengan berbagai penyakit. Lebih buruk lagi virus ini akan menggerogoti sistem imun manusia dan bisa menyebabkan kematian.

Adapun cara supaya terhindar dari virus ini adalah menghindari hubungan seks bebas. Selain itu Anda juga harus berhati-hati pada penderita HIV karena bisa tertular.

Demam Berdarah

Masyarakat yang hidup di wilayah tropis seperti Indonesia virus demam berdarah ini tentunya sudah tidak asing lagi. Virus inipun termasuk salah satu jenis virus yang tidak bisa diremehkan. Hal ini karena di tahun 2019 ada sekitar 113 ribuan orang yang terinfeksi virus ini.

Parahnya lagi banyak dari mereka yang akhirnya meninggal dunia. Supaya terhindar dari virus ini ada baiknya Anda menerapkan 3M plus yaitu menguras,menutup dan memanfaatkan lagu barang bekas yang ada plus mencegah gigitan nyamuk dengan menggunakan lotion atau obat anti nyamuk.

Rotavirus

Virus yang satu ini merupakan salah satu jenis virus yang bisa menyebabkan diare berat terutama pada anak-anak atau balita. Untuk mencegah supaya tidak terinfeksi virus ini Anda bisa melakukan imunisasi pada anak secara rutin.

Hepatitis

Virus hepatitis mempunyai banyak sekali macamnya. Namun yang biasanya menginfeksi manusia adalah jenis hepatitis A dan B. Untuk mencegah terjangkit virus ini maka Anda harus rutin melakukan imunisasi sejak bayi.

Selain macam-macam virus diatas ada banyak sekali jenis virus lain yang tentunya harus tetap diwaspadai. Terutama virus yang bisa menyerang saluran pernapasan dan membuat flu sampai terkena SARS.

Untuk info selengkapnya tentang berbagai macam virus ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di website kementrian kesehatan atau organisasi kesehatan dunia. 

Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan situs atau website terpercaya seperti sehatq.com untuk mendapatkan berbagai informasi tentang bermacam-macam virus ini. Namun, akan lebih baik lagi jika Anda bisa berkonsultasi dengan dokter ahlinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *