Selain Selimut Bayi, Ini Tips Membuatnya Tidur Lebih Nyenyak

Selain Selimut Bayi, Ini Tips Membuatnya Tidur Lebih Nyenyak

Bayi baru lahir normalnya memiliki jam tidur selama 16 jam atau lebih dalam sehari, tetapi sering kali hanya dalam beberapa jam. Meskipun polanya mungkin tidak menentu pada awal kelahirannya, jadwal tidur yang lebih konsisten akan muncul saat bayi mulai dewasa dan bisa lebih lama di antara waktu menyusu. 

Pada usia 3 hingga 4 bulan, banyak bayi tidur setidaknya lima jam setiap kali. Pada saat selama tahun pertama bayi dia akan mulai tidur sekitar 10 jam setiap malam. Idealnya, bayi harus tidur di kamar Anda atau menempatkannya di keranjang tidur dengan dibalut selimut bayi agar tidurnya lebih nyenyak dan hangat. Akan tetapi, membuat bayi tidur pulas sesuai dengan ideal waktu yang dianjurkan tidaklah mudah. Oleh karena itu, Anda harus mencoba beberapa tips berikut.

Tips tidur nyenyak, termasuk menggunakan selimut bayi dengan nyaman

1. Tetapkan rutinitas waktu tidur

Tidak ada kata terlalu dini untuk memulai rutinitas waktu tidur. Rutinitas waktu tidur harus sederhana dan berkelanjutan, sehingga mudah untuk Anda lakukan setiap malam. Bahkan perubahan terkecil dalam rutinitas tidur bayi dapat membuatnya merasa tidak nyaman, dan lebih sering terbangun di malam hari. Sertakan aktivitas menenangkan yang tampaknya direspons positif oleh bayi, seperti membedong menggunakan selimut bayi dan menggunakan aromaterapi untuk ruangan. Rutinitas waktu tidur dapat menjadi tempat Anda menciptakan asosiasi tidur yang positif untuk bayi.

2. Ikuti jadwal harian

Pastikan bayi mendapatkan jumlah tidur siang yang tepat untuk mempersiapkan mereka mendapatkan jumlah tidur malam yang tepat. Bayi yang baru lahir, tidak dapat membedakan antara siang dan malam, mereka hanya tidur sepanjang waktu. Seiring bertambahnya usia, mereka mulai tidur lebih lama dan paling lama di malam hari. Jika mereka tidur terlalu banyak di siang hari, mereka tidak akan tidur lama di malam hari. 

3. Berikan suasana yang menenangkan

Jaga suhu ruangan tetap nyaman, pastikan tetap gelap, berikan aromaterapi, balut dengan selimut bayi dan bahkan coba tambahkan sedikit musik klasik untuk menemainya tidur. Suara musik klasik akan memberikan bunyi yang konsisten dan menenangkan bagi mereka untuk tertidur, dan akan meredam suara-suara bising lain yang terjadi di sekitar rumah.

4. Menyusuinya sebelum tidur

Anda harus memberikan ASI sebelum bayi tidur. Bayi yang tidur dalam posisi lapar akan mudah terbangun di malam hari, menangis dan sulit untuk membuatnya kembali tenang. Oleh karena itu, pastikan bayi tidur di dalam dekapan Anda dalam posisi perut yang sudah kenyang. Hal ini akan membuat bayi tidur lebih pulas dalam waktu lama.

5. Buat jadwal bagun saat malam hari

Begadang adalah pekerjaan umum para orangtua yang baru memiliki bayi. Supaya ritme tidur bayi tidak mengganggu jam tidur Anda, sebaiknya mulailah menetapkan jadwal menyusui. Anda harus menyetel alarm untuk peringatan bagun dan memberikan ASI ke bayi. Tidak peduli apakah bayi Anda masih tidur atau tidak, tetapi sebaiknya Anda membangunkannya  secara perlahan  dan mulai menyusu. Cara ini akan membantu si kecil tidur lebih nyenyak tanpa tangisan di malam hari.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda coba  lakukan untuk membuat  bayi tidur lebih nyenyak. Jangan lupa untuk selalu menciptakan suasana kamar yang tenang. Berikan selimut bayi agar tubuhnya tetap hangat sepanjang malam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *